Pengikut

SEKOLAH DASAR
KELAS  1     2      3      4       5       6    EKSKUL

ARTIKEL BULAN INI
PENDIDIKAN DASAR : APA TUJUAN DAN FUNGSINYA?
        Dunia pendidikan sekarang maupun dulu bagi kehidupan manusia sangatlah penting karena pendidikan itulah yang menjadi indikator eksistensi keberadaan manusia di muka bumi ini,selain itu pendidikan sangat mempengaruhi berhasil atau tidaknya dalam membangun suatu negara dan bangsa, serta sangat berpengaruh dalam mengkontribusi apa yang kita lakukan untuk negara di masa depan. Di negara maju memiliki sumber daya manusia yang sangat baik, sehingga untuk memajukan suatu negara kita perlu 
memiliki sumber daya manusia yang baik dan berkualitas. Sehingga pendidikan dasar ini sangatlah penting, karena ini merupakan awal dari pembentukan pola dari seorang anak didik. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pendidikan dasar.
       Menurut UUD 1945, Pengertian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan dan mencentak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti, dan santun serta mampu menyelesaikan permasalahan dilingkungannya. Pendidikan sekolah dasar adalah pendidikan anak yang berusia 7 sampai 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan sosial budaya.
     Disekolah dasar inilah siswa dituntut untuk menguasai kesemua bidang studi, bagaimana cara menyelesaikan masalah. Akan tetapi, pembelajaran tidak hanya dilakukan di sekolah saja, diluar sekolahpun sama saja itu merupakan suatu pembelajaran.
     Dalam UUD No.20 Tahun 2003 dijelaskan bahwa pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses belajar agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat,bangsa, dan negara.Selain itu pendidikan sekolah dasar juga memiliki makna yang sama dengan penjelasan yang terurai diatas, akan tetapi ada perbedaan dengan audience nya, yaitu siswa kelas dasar 1 sampai 6 yang ketentuan materi dan pokok bahasannya diatur dalam GBPP ( Garis-Garis Besar Program Pengajaran) dalam bentuk sekolah dasar.
     Sesuai dengan undang-undang pendidikan tersebut tujuan pendidikan di sekolah dasar itu sendiri adalah meletakkan kecerdasan dasar, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan untuk hidup secara mandiri dan mengikuti pendidikan secara lanjut. Selain itu, dengan adanya pendidikan dasar ini dapat menjadikan seorang anak membentuk individu yang mampu hidup secara berkelompok

Fungsi Pendidikan Dasar

Ada beberapa fungsi dari pendidikan dasar sebagai acuan sebelum melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya, karena jika pada tingkat pendidikan dasarnya saja kurang diperhatikan, maka tentu untuk ke tingkat selanjutnya juga akan sulit dan menjadi kurang baik. Adapun fungsi dari pendidikan dasar menurut Muhammad Ali dalam bukunya (2009:33) adalah sebagai berikut:                                                                                                
  1. Dengan melalui pendidikan dasar maka peserta didik akan dibekali kemampuan dasar yang terkait dengan kemampuan berpikir secara kritis, membaca, menulis, berhitung dan penguasaan – penguasaan dasar untuk mempelajari sainstek serta kemampuan dalam berkomunikasi yang merupakan suatu tuntutan kemampuan minimal dalam kehidupan bermasyarakat.                                                                                                                           2. Dengan pendidikan dasar dapat memberikan dasar – dasar untuk dapat mengikuti pendidikan pada tingkat selanjutnya. Karena pada hakikatnya keberhasilan mengikuti pendidikan di sekolah menengah serta perguruan tinggi banyak dipengaruhi oleh keberhasilan dalam mengikuti pendidikan dasar.                                                                         Kita semua tahu bahwasanya pendidikan dasar sangatlah penting dan sangat berpengaruh bagi perkembangan bangsa dan negara kedepan. Oleh karena itu marilah kita semua untuk mulai membenahi masalah – masalah yang mungkin masih banyak sekali muncul, salah satunya membenahi sarana dan prasana yang baik untuk anak didik
Karakteristik Umum Pendidikan SD
Pendidikan SD mempunyai ciri khas yang membedakannya dari satuan pendidikan lainnya. Paling tidak ada empat sasaran utama dalam pendidikan SD, yaitu sebagai berikut : (Dikjen Dikti,2006)Kemelekwacanaan (literacy). 
  1. Pendidikan SD diarahkan pada pembentukan kemelekwacanaan, bukan pada pembentukan kemampuan akademik. Kemelekwacanaan merujuk kepada pemahaman siswa tentang berbagai fenomena / gagasan dilingkungannya dalam rangka menyesuaikan perilaku dengan kehidupan.
  2. Kemampuan berkomunikasi. Pendidikan SD diarahkan untuk membentuk kemampuan berkomunikasi, yaitu mampu mengkomunikasikan sesuatu, baik buah pikiran sendiri maupun informasi yang didapat dari berbagai sumber, kepada orang lain dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Informasi yang akan dikomunikasikan mungkin di dapat melalui mendengar dari seorang teman, membaca dari koran, atau menyaksikan sendiri, baik secara langsung maupun melalui siaran televisi
  3. Kemampuan memecahkan masalah (probelm solving) yang mencakup merasakan adanya masalah, mengidentifikasi masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, mengeksplorasi alternatif pemecahan masalah, dan memilih alternatif yang paling layak
  4. Kemampuan bernalar (reasoning) yaitu menggunakan logika dan bukti – bukti secara sistematis dan konsisten untuk sampai pada kesimpulan. Pendidikan SD diarahkan untuk mengembangkan kemampuan siswa berpikir logis sehingga kemampuan bernalarnya berkembang. Siswa yang terlatih daya nalarnya, tidak akan cepat percaya pada suatu yang tidak masuk akal.
Dengan memperhatikan karakteristik pendidikan dasar di atas maka untuk mencapai tujuan dan fungsi pendidikan dasar melalui jenjang sekolah dasar diperlukanlah guru yang khas karakteristiknya,sesuai dengan karakter umum peserta didik di sekolah dasar yang masih usia anak-anak yang belum dewasa.
Guru yang ideal untuk pendidikan dasar setidak-tidaknya harus memiliki karakteristik sebagai berikut:
  1. beriman dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Pencipta,yang telah mencipta manusia dan mendidiknya dengan pena ( QS: Al 'Alaq :1-5 ; dan QS :55:1-4 ) .Dengan iman yang dimilikinya maka kehidupan guru tersebut menjadi bermakna.Begitu pun peserta didiknya akan dibimbing kepada kehidupan yang lebih bermakna.
  2. penyayang dan mampu memfungsikan diri sebagai orangtua bagi peserta didiknya (QS:9:128 )
  3. memiliki empati yang tinggi terhadap kesulitan dan penderitaan peserta didiknya.
  4. memiliki semangat yang tinggi untuk menjadikan peserta didiknya berhasil tidak hanya pada pelajaran di kelas,namun juga dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
  5. memiliki orientasi transendental karena menyadari bahwa pekerjaannya berkutat dengan nasib manusia yang tidak hanya dunia namun juga akhiratnya.
  6. inovatif dalam pembelajaran dan selalu dinamis mengikuti perubahan karakteristik baik karena perubahan usia peserta didik,maupun  karena sosial kemasyarakatan. 
  7. bisa diteladani,karena karakteristik peserta didik tingkat SD masih mudah dipengaruhi dengan keteladanan.Sehingga keteladanan seorang guru di jenjang pendidikan dasar merupakan karakter pokok guru yang harus dimiliki oleh seorang guru sekolah dasar.Dalam hal keteladanan,maka Rasulullah Muhammad SAW merupakan figur guru yang sangat cocok dijadikan referensi.Al Qur'an memberi informasi mengenai hal tersebut dengan jelas dan gamblang(QS Al Ahzab:33:21 ); QS Al Qolam:68:1-4 )
<<< kembali ke halaman sebelumnya                                                  ke halaman berikutnya >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentar yang sopan dan mendidik